Hello World!, Ubuntu 18.10 “Cosmic Cuttlefish” Rilis

Kabar bahagia untuk penggemar Ubuntu diseluruh dunia, khususnya Indonesia, lebih khususnya lagi untuk diri saya pribadi. 18/10/2018 waktu London, Britania Raya atau 19/10/2018 Waktu Indonesia Bagian Barat, Canonical merilis sistem operasi ‘open source‘ terbarunya. Ubuntu 18.10.

Hadir ditengah-tengah masyarakat dunia dengan mengusung kode nama yang benar-benar unik dan segar, Cosmic Cuttlefish. Terdiri dari hewan berikut sifatnya. Baca selengkapnya mengenai arti dan harapan yang tersimpan dari kode nama tersebut di Kabar Linux.

Tampilan situs www.ubuntu.com saat perilisan Ubuntu 18.10

Sesuai dengan nomor rilis, Ubuntu 18.10 akan didukung selama sembilan bulan, lebih tepatnya sampai pada Juli 2019 mendatang.

Sebagai rilis non-LTS (Long-term Support), Canonical menyematkan beberapa pembaruan ciamik yang patut untuk segera kita coba. Sesuai dengan catatan rilis, Ubuntu 18.10 menyediakan banyak sekali peningkatan.

Peningkatan dari Segi Paket

Ubuntu 18.10 membawa pemutakhiran paket terkini yang wajib untuk dicoba. Tentu bukan untuk pengguna akhir. Mulai dari kernel 4.18 yang konon telah menyertakan dukungan terhadap perangkat GPU AMD Radeon RX Vega M, pemain game bakal dimanjakan dengan fitur ini. Perkakas pengaman jalur komunikasi, OpenSSL 1.1.1. Perkakas compiler seperti GCC 8.2, Python 3.6.7, PHP 7.2.10, Ruby 2.5.1, Golang 1.10.4 dan lain-lain.

Peningkatan dari Segi Desktop

Ubuntu 18.10 membawa pembaruan lingkungan desktop GNOME terkini, 3.30, yang telah ditingkatkan dengan penambahan fitur-fitur baru. Rilis ini juga menyertakan peramban Firefox 63.0 dan aplikasi perkantoran LibreOffice 6.1.2 yang telah terpasang secara default.

Pembaruan lain yang tak kalah ciamiknya adalah Yuru, tema bawaan yang menjadikan tampilan GNOME semakin cantik. Selain tema baru, kabarnya Canonical juga mengenalkan set ikon baru loh, namanya Suru. Wah, semakin tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Pemutakhiran dari Ubuntu 18.04

Bagi Anda pengguna Ubuntu 18.04 LTS, Anda dapat memutakhirkan versi Ubuntu anda ke 18.10 dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka “Software and Updates” dari System Setting.
  2. Klik tab ketiga “Updates”.
  3. Pada bagian menu dropdown “Notify me of a new Ubuntu version” pilih “For any new version”. Sistem akan meminta Anda memasukkan kata sandi, masukkan kata sandi yang sesuai. Setelah itu tutup jendela “Software and Updates”.
  4. Buka Terminal kesayangan anda lalu ketikkan perintah “update-manager -c” tanpa kutip. Perintah ini akan mengunduh daftar pembaruan yang ada, tunggulah sampai informasi distribusi baru ‘Ubuntu 18.10’ tersedia.
  5. Klik tombol upgrade dan ikuti petunjuknya

Langkah pemutakhiran diatas hanya berlaku bagi Anda yang menggunakan mesin amd64 atau 64-bit. Lalu bagaimana cara memutakhirkan Ubuntu ke versi 18.10 di mesin i386 atau 32-bit?

Anda yang masih menggunakan mesin dengan arsitektur i386 atau 32-bit sepertinya harus menelan ludah saat menyaksikan kawan Anda mencicipi ‘kelezatan’ Ubuntu 18.10. Pasalnya, Canonical sudah menghentikan sepenuhnya dukungan Ubuntu untuk arsitektur 32-bit ini.

Unduh Citra Ubuntu 18.10 Sesuai Dengan Diri Anda

Ubuntu memiliki sedikitnya tujuh rasa yang bisa langsung ‘dicicipi’ oleh penggunanya dirilis Ubuntu 18.10. Adapun tujuh rasa tersebut ialah Ubuntu (GNOME), Kubuntu, Lubuntu, Ubuntu Budgie, Ubuntu MATE, Ubuntu Studio (Ubuntu untuk keperluan multimedia), dan Xubuntu.

Berikut ini daftar tautan untuk mengunduh dan memcicipi ‘kelezatan’ enam rasa Ubuntu 18.10:

 

Demikianlah postingan saya dalam menyambut kehadiran Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish dengan penuh suka cita. Jujur, saya pribadi adalah pengguna Ubuntu MATE dan lebih suka dengan rilis yang memiliki dukungan lebih panjang dari pada dukungan jangka pendek. Tapi percayalah, saya sangat kagum dengan rilis ini dan ingin segera mencobanya

Akhir kata, saya mohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat disinformasi dalam penyampaian informasi terkait dengan perilisan Ubuntu 18.10 ini.

Salam Open Source!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.