Oleh-oleh COSCUP 2018, Acara ‘3in1’ Yang Sukses Diadakan di Taipei, Taiwan

Sebelum saya menulis ulasan mengenai oleh-oleh COSCUP 2018 ini, terlebih dahulu saya mengucapkan selamat kepada segenap teman-teman komunitas perangkat lunak bebas maupun industri Indonesia yang telah berkontribusi pada ajang tahunan yang telah diadakan di Universitas Sains dan Teknologi Nasional Taiwan, pada tanggal 11 hingga 12 Agustus 2018. KLAS, openSUSE.ID, GimpScape ID, LibreOffice.ID, BlankOn, Sepatu Fans dan mungkin masih banyak lagi.COSCUP 2018 merupakan akronim dari Conference for Open Source Coders, Users and Promoters (konferensi untuk penulis kode bersumber kode terbuka, pengguna dan promotor), yaitu konferensi tahunan yang diadakan oleh komunitas open source Taiwan, dimulai sejak tahun 2006 sampai sekarang.

Kata 3in1 saya gunakan karena selain acara dari COSCUP sendiri, mereka juga berkolaborasi dengan GNOME.Asia dan openSUSE Asia Summit. Bahkan, kabar angin yang saya dengar, Konferensi LibreOffice juga tengah diadakan, namun berbeda tempat. Kolaborasi yang sangat keren, inilah the power of Open Source!.

Oleh-oleh ini saya dapatkan dari Pak Darian dan Mbak Rania. Ada stiker, binder book, dan robot ‘mungil’ bertajuk Intel.

Stiker

Bingung juga ketika disuruh Pak Darian untuk memilih setiket yang begitu banyak. Setelah memilah dan memilih, akhirnya saya mengambil empat jenis setiker yang berbeda.

 

Setiker pertama berjenis cutting berukuran sekitar 9 cm x 9 cm, berisi enam stiker yang berbeda, ada logo openSUSE lengkap dengan si Geeko, sedang dan kecil, stiker untuk tombol super, logo button openSUSE, anime dan label designed for openSUSE. Dua setiker lainnya yaitu Geeko openSUSE, pesta rilis openSUSE Leap 15 dan satu setiker berbentuk segi enam bertajuk openly engineered tools.

Binder Book

Bisa dibilang bahwa acara COSCUP 2018 ini benar-benar terorganisir dengan sangat baik berkat binder book ini, pasalnya, selain berfungsi sebagai tempat mencatat, di dalam binder book ini juga terdapat informasi-informasi penting terkait dengan COSCUP 2018.

Ketika saya mencoba melihat-lihat isinya, bisa saya simpulkan perpaduan antara informasi acara, seponsor serta beberapa kertas kosong terdapat pada bagian paling belakang.

Penyajian informasi seputar acara didesain sangat apik, misalnya peta tempat diadakannya acara, mulai dari 1F, 2F hingga 5F tertata dengan baik dan menggunakan dua bahasa, Taiwan dan Inggris.

 

Informasi lain yang juga tertera di binder book antara lain, materi-materi yang akan disampaikan, tempat, dan lain sebagainya, juga ada beberapa pesan-pesan seponsor yang melengkapinya, sehingga peserta acara tidak akan kesulitan ketika ingin mengunjungi stan masing-masing sponsor, informasi tim COSCUP 2018 juga ada.

Robot Mungil

Saat pertama kali ditunjukkan oleh Mbak Rania, memang bentuknya sangat mungil, dengan tinggi hanya 12 cm saja. Tapi ada yang membuat ‘nilai’ imut dan mungilnya bertambah, ketika Mbak Rania membuka kepala robot mungil berwarna biru, ternyata di dalamnya ada lagi robot mungil berwarna hitam, ketika kepala robot mungil berwarna hitam dibuka, di dalamnya ada lagi robot yang semakin mungil berwarna putih. Hanya saja, robot yang paling mungil terbuat dari karet dan susah dikeluarkan.

Robot mungil ini ditambah dengan boneka bertajuk LibreOffice mungkin bisa menjadi hiasan rak yang berguna untuk penenang teman saat kegiatan ngonfig berlangsung.

Thank you very much for this souvenirs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.