Lisensi menurut KBBI adalah izin, (dalam hal ini) terhadap penggunaan terhadap suatu karya cipta. Baik berupa teks, gambar, audio, video, perangkat lunak, dan sebagainya.

Tujuan utama pemberian lisensi tidak lain adalah untuk melindungi karya cipta dengan memberikan batasan-batasan tertentu yang dapat dilakukan oleh penerima lisensi.

Organisasi Dibalik Lisensi CC

Creative Commons (CC) merupakan organisasi nirlaba yang memfokuskan diri untuk memperluas cakupan karya kreatif yang tersedia untuk semua orang secara legal agar dapat digunakan kembali dan dibagi secara luas.

Organisasi yang berpusat di Mountain View ini telah menerbitkan beberapa lisensi hak cipta yang dikenal dengan lisensi Creative Commons. Lisensi-lisensi ini membatasi atau bahkan membebaskan hak pencipta atas karyanya sehingga penyebaran karya tersebut lebih mudah.

Creative Commons didirikan oleh seorang profesor hukum yang bernama Lawrence Lessig bersama dengan rekan-rekannya pada tahun 2001. Beliau kemudian menerbitkan lisensi CC pada 16 Desember 2002.

Fitur Lisensi CC: Tiga Lapis Lisensi

Lisensi CC menerapkan desain hak cipta “tiga lapis”. Masing-masing lapisannya berisi panduan yang dapat dimengerti baik oleh orang-orang ahli hukum, orang awam, hingga lisensi yang dapat terbaca oleh mesin (mesin pencari, web).

Lapisan pertama, pihak CC menyebutnya sebagai Lisensi Lengkap. Lapisan ini memiliki bahasa dan format lisensi yang akrab dengan para ahli hukum.

Lapisan kedua berisi Lisensi Ringkas, dimana lisensi pada lapisan ini dapat difahami dengan mudah oleh banyak orang dan pencipta karya kreatif. Isi pada lapisan ini tidak ada di lapisan pertama atau lisensi lengkapnya.

Lapisan ketiga atau lapisan terakhir dari desain lisensi yang dikenal dengan Terbaca Mesin berguna memudahkan Web untuk mengetahui kapan ciptaan tersebut tersedia dibawah lisensi CC. Lapisan ini berisi ringkasan dari kebebasan dan kewajiban penting yang ditulis dalam bentuk yang dapat dibaca oleh sistem perangkat lunak, mesin pencari, dan jenis teknologi lainnya.

Lisensi Creative Commons

Atribusi (CC BY)

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda atas ciptaan asli. Lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas. Direkomendasikan untuk penyebarluasan secara maksimal dan penggunaan materi berlisensi.

Atribusi-BerbagiSerupa (CC BY-SA)

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah lisensi serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi “copyleft” pada perangkat lunak bebas dan terbuka.

Semua konten-konten (baik berupa teks, gambar, audio dan video) situs saya dan ChotibulStudio menggunakan lisensi ini.

Atribusi-TanpaTurunan (CC BY-ND)

Lisensi ini memungkinkan orang lain menggunakan kembali ciptaan Anda dalam bentuk atau format apapun, untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Jika mereka telah menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari karya Anda, mereka tidak boleh menyebarluaskannya.

Atribusi-NonKomersial (CC BY-NC)

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, meskipun mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.

Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 
(CC BY-NC-SA)

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.

Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan
(CC BY-NC-ND)

Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari beberapa lisensi di atas. Lisensi ini hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

Penutup

Kebanyakan situs-situs dokumentasi melisensikan tulisan mereka dibawah lisensi CC BY-SA. Begitu juga dengan tulisan dan media yang tersedia di situs ini. Dengan menggunakan lisensi tersebut, kita membebaskan orang lain untuk mengubah karya cipta kita untuk kebutuhan apapun, dengan syarat tetap mencantumkan kredit ciptaan kepada kita. Sama-sama menguntungkan bukan.

Sumber

About Creative Commons Licenses, tersedia daring https://creativecommons.org/licenses/

“Frequently Asked Questions”. Creative Commons. Diakses tanggal 20 December 2011.

%d blogger menyukai ini: