Hari-hari pasca saya dinyatakan lulus oleh rektor dengan gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) banyak hal-hal yang tidak dapat diduga. Salah satu diantaranya yang mungkin tidak bisa saya lupakan adalah saat saya menjadi penguji UKK untuk pertama kalinya di SMK Dharma Bahari Surabaya.

Oiya, sebelum saya melanjutkan tulisan ini, saya ingin mengucapkan beribu-ribu rasa terima kasih kepada APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo) dan tentunya pihak SMK Dharma Bahari Surabaya.

Saya tentu tidak sendirian, demi mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru sebagai penguji, hari pertama saya bersama Darian dan hari-hari berikutnya saya bersama David.

Proses UKK di SMK Dharma Bahari dilakukan selama enam hari, satu harinya untuk satu kelas dan masing-masing kelas dibagi menjadi dua sesi. Pembagian ini sangat cocok bagi SMK Dharma Bahari yang memiliki enam kelas untuk jurusan TKJ.

Sesi pertama UKK dilaksanakan mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 12:00. Sesi kedua UKK dilaksanakan mulai pukul 13:00 hingga 16:00. Proses pengujian kami lakukan mulai dari satu jam sebelum masing-masing sesi berakhir.

Sebagai alumni SMK dengan jurusan yang sama, TKJ, saya merasa seolah kembali ke waktu dimana saya dulu mengerjakan UKK. Suka duka bersama, baik ketika menemukan galat pada hasil konfigurasi maupun ketika konfigurasi tersebut berhasil. Hanya bedanya, dulu saya mengerjakan paket 1 K2006 sedangkan teman-teman SMK Dharma Bahari mengerjakan paket 2 K2013.

Emang lebih susah mana sih UKK TKJ Paket 1 sama Paket 2? Mana-pun pilihan paketnya, kalau gak belajar ya susah semua.

Proses pengujian, kami mengedepankan nilai kemampuan dan hasil wawancara, mirip-mirip seperti ketika saya menempuh sertifikasi “Junior Networking” di LSP TIK Indonesia melalui program Kominfo Jatim.

Sekilas Tentang SMK Dharma Bahari Surabaya

Orang akan lebih mengenal kita berdasarkan nama, begitulah ketika saya pertama kali tahu nama SMK Dharma Bahari, saat itu ada kunjungan teman-teman SMK Dharma Bahari ke APJII Jatim, kebetulan saya yang ditunjuk melatih mereka membuat curriculum vitae menggunakan LibreOffice Writer.

SMK Dharma Bahari bisa disebut sekolah yang menanamkan jiwa nasionalis kepada setiap siswa-siswinya. Itu menurut saya pribadi.

Tentu saya memiliki alasan tersendiri kenapa menyebut demikian. Sebab, setiap setelah waktu istirahat pertama selesai dan semua siswa-siswinya telah siap mengikuti jam pelajaran berikutnya, pihak sekolah akan memimpin do’a bersama dan setelahnya mereka akan menyanyikan lagu wajib yang telah diciptakan oleh mendiang Wage Rudolf Soepratman. Lagu “Indonesia Raya”. Melalui pengeras suara yang ada di setiap kelas. Bahkan di ruang ujian UKK.

Secara geografis, SMK Dharma Bahari Surabaya terletak di Jl. Sikatan Lebar 16 No. 1-5, kelurahan Manukan Wetan, Kec. Tandes, Kota Surabaya. Anda bisa kepoin sekolahan ini melalui situs resminya di www.smk-dharmabahari.sch.id.

Akhir Kata

Ribuan kata terima kasih yang mengiringi penutupan tulisan ini saya sampaikan kepada semua pihak yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi penguji UKK. Terkhusus kepada Mbak Lia (APJII Jatim), Darian dan David (KLAS), serta segenap ibu-bapak guru SMK Dharma Bahari Surabaya.

Published by Chotibul Umam

Seorang pengguna GNU/Linux, penggemar perangkat lunak bebas, senang menulis dan membaca berita, tidak begitu tertarik dengan kode tapi suka bereksperiman dengan konfigurasi. Suka kulineran dan nobar film karya anak bangsa.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: