Custom ROM bisa menjadi alternatif pilihan saat saya atau Anda merasa kurang puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh stok ROM vendor ponsel. Banyak sekali custom ROM yang disediakan oleh komunitas pengembang. Contohnya Havoc-OS.

Saya menggunakan custom ROM diperangkat Redmi Note 3 versi Qualcomm ini berkat rekomendasi dari teman saya, Bang Dhoni. Katanya sih kaya fitur, gampang disesuaikan, dan masih banyak lagi. Dan nyatanya memang seperti itulah Havoc-OS.

Kekurangannya cuman satu. Sistem Havoc-OS tidak menyediakan aplikasi Google secara prainstal. Jadi, jika Anda ingin menggunakan Play Store dan aplikasi Google yang lain, Anda bisa memasang paket aplikasi Google dari The Open GApps Project melalui sistem recovery seperti TWRP.

Tangkapan layar Havoc-OS

Havoc-OS dikembangkan sebagai sistem operasi berbasis AOSP dan terinspirasi dengan Google Pixel.

Cara pengguna berinteraksi dengan layar utama-pun sama dengan Google Pixel. Pengguna tinggal swipe up dibagian kolom pencarian Google untuk membuka daftar aplikasi yang terpasang.

Fitur pengaturan cepat Havoc-OS juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya mengatur jumlah pengaturan yang ingin ditampilkan, mengatur jumlah baris dan kolom yang diinginkan.

Anda cukup mengetuk ikon pensil yang ada dibagian kanan bawah. Lebih tepatnya bersebelahan dengan ikon grigi untuk membuka pengaturan umum.

Tampilan pengaturan cepat Havoc-OS

Sebagai sistem operasi berbasis Android Pie atau Android 9, tampilan pengaturannya juga relatif sama dengan stok Android 9.

Terdapat ikon-ikon dan mempunyai warna-warni yang menggambarkan fungsinya.

Oiya, di pengaturan ini ada yang menjadi ciri khas dari Havoc-OS, yaitu Havoc Settings.

Tampilan pengaturan

Pengaturan tersebut berfungsi untuk menyesuaikan beberapa pengaturan yang diperlukan oleh pengguna. Misalnya pengaturan navigasi, tampilan, tombol, kunci layar dan sebagainya.

Pengaturan Havoc

Gambar disamping ini adalah daftar pengaturan yang ada di Havoc Settings. Untuk membuka pengaturan tersebut, Anda cukup pergi ke Pengaturan kemudian pilih Havoc Settings.

Misalnya, Anda ingin mengubah tampilan dari navigasi baku menjadi navigasi gerakan, Anda cukup ketuk pengaturan Navigation Bar > Default setting > Gesture

Satu lagi fitur yang ditawarkan oleh Havoc-OS adalah pembaruan via OTA (Over the Air).

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur ini bukan. Banyak vendor ponsel pintar sudah menerapkannya untuk memberikan pembaruan perangkat lunak maupun keamanan.

Fitur OTA Havoc-OS

Namun ada pengecualian disini. Perlu diketahui, sistem OTA pada stok ROM milik vendor ponsel berbeda dengan OTA pada custom ROM. OTA pada custom ROM tidak memiliki fasilitas pactching sebagaimana OTA pada stok ROM. Sehingga ketika pembaruan tersedia, pengguna custom ROM harus mengunduh keseluruhan dari sistem custom ROM-nya.

Untuk saat ini, pengembangan Havoc-OS di Redmi Note 3 Pro (kenzo) sedang diberhentikan pihak pengembang karena pengembang yang memeliharanya sedang sibuk. Versi terkini Havoc-OS untuk perangkat Redmi Note 3 Pro adalah 2.5.

Demikian ulasan singkat saya tentang Havoc-OS di Redmi Note 3 Pro atau Redmi Note 3 Snapdragon. Salam.

%d blogger menyukai ini: