Sistem manajemen konten sejuta umat, WordPress, sudah memasuki versi 5.2. Versi yang memiliki kode nama yang terinspirasi dari musisi jazz “Jaco Pastorius” tersebut diluncurkan oleh Automattic pada Selasa (7/5/2019).

Waktu beranjak dari versi lama ke versi yang lebih baru harus segera dilakukan bagi pengguna WordPress self host. Fitur-fitur baru dan keamanan yang lebih baik sudah menunggu untuk dicoba.

Ada 5 langkah untuk memperbarui WordPress yang terpasang di hosting pribadi:

1. Cadangkan Data-Data Situs Anda

Cadangkan semua data penting, khususnya data yang ada di pangkalan data. Anda dapat memanfaatkan plugin seperti UpdraftPlus untuk mencadangkan plugin, tema, unggahan. Disamping itu, Anda bisa memilih untuk menyimpan cadangan ke situs penyimpanan berkas daring, seperti Google Drive, dan lain-lain.

2. Matikan Sementara Sistem Memori Singgahan WordPress

Memori singgahan (cache) adalah data sementara yang digunakan untuk mempercepat akses Anda ke dasbor situs atau akses pengguna ke konten-konten terbaik Anda. Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, seperti tabrakan sistem yang lama dengan sistem yang lebih baru.

Untuk menonaktifkannya, cukup pergi ke menu Plugin > pilih plugin terkait sistem memori singgahan lalu klik non-aktifkan.

3. Perbarui Plugin dan Tema

Plugin dan tema adalah komponen yang sangat penting dan mempengarui kesesuaian dengan inti sistem WordPress. Untuk itu, sebelum Anda memperbarui inti sistem WordPress sangat dianjurkan untuk memperbarui dulu kedua komponen tersebut.

3.1 Memperbarui Plugin

Memperbarui plugin bisa dilakukan dengan dua cara, melalui menu Dasbor dan melalui menu Plugin.

Untuk memperbarui plugin dari menu Dasbor, cukup dengan pergi ke menu Dasbor > Pembaruan. Pada bagian Plugin klik kotak cek Pilih Semua, lalu klik tombol Perbarui Plugin.

Untuk memperbarui plugin dari menu Plugin, cukup dengan pergi ke menu Plugin. Pada bagian nama-nama plugin yang mendapat pembaruan klik perbarui sekarang.

3.2 Memperbarui Tema

Langkah-langkah untuk memperbarui tema sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara memperbarui plugin dari menu Dasbor. Anda cukup dengan mengikuti langkah-langkah memperbarui plugin. Anda juga dapat memperbarui tema dari menu Tampilan.

Untuk memperbarui tema dari menu Tampilan, Anda cukup pergi ke menu Tampilan dan memperbarui tema yang mendapatkan notifikasi pembaruan. Arahkan penunjuk tetikus Anda ke tema yang ingin di perbarui kemudian klik Rincian Tema kemudian di bagian deskripsi klik perbarui sekarang.

4. Memperbarui Sistem Inti WordPress

Bersiaplah. Hal yang luar biasa akan segera Anda dapatkan. Mulai dari fitur, keamanan dan hal-hal menyenangkan yang lainnya. Mari perbarui WordPress sekarang.

Pergi ke menu Dasbor > Pembaruan, Anda akan menjumpai pemberitahuan “Versi WordPress yang diperbarui tersedia“. Klik tombol biru Perbarui Sekarang untuk memasang versi terbaru dari WordPress.

5. Periksa Fungsi Utama WordPress

Langkah terakhir dari proses peningkatan versi WordPress adalah memastikan semua fungsi utama berjalan dengan baik. Pos, laman, plugin, tema, pengaturan dan lain-lain. Pastikan semua berjalan dengan baik sesuai pengaturan Anda sebelumnya.

Terakhir, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali sistem memori singgahan yang sebelumnya Anda non-aktifkan.


Demikian artikel yang membahas 5 langkah untuk memperbarui WordPress dengan aman. Semoga bermanfaat 🙂

Share This