Salah satu varian resmi Ubuntu yang juga ikut dirilis ke publik pada 24 April 2020, kemarin, adalah Ubuntu MATE. Rilis dengan nomor versi 20.04 LTS yang menandakan akan mendapat dukungan resmi selama 3 tahun. Lantas, Apa saja yang baru di Ubuntu MATE 20.04 LTS, ini?

Ubuntu MATE 20.04 LTS hadir dengan versi lingkungan desktop MATE terkini, 1.24. Salah satu lingkungan desktop populer yang masih mempertahankan gaya desktop tradisional.

Buat Anda yang belum tahu, lingkungan desktop MATE adalah lingkungan desktop lanjutan dari GNOME 2 yang kini sudah berkembang menjadi GNOME 3.

Bagi para penggunanya, ada beberapa banyak alasan kenapa mereka enggan beranjak ke desktop lain, padahal desktop tetangga lebih hijau. Salah satu alasannya mungkin wis kadung tresno, jadi gagal move-on, deh, kayak saya. Hehe.

Artikel ini, selain mengulas apa saja yang baru di Ubuntu MATE 20.04 LTS, saya juga akan mengulas persiapan peningkatan dari Ubuntu MATE 18.04 LTS ke Ubuntu MATE 20.04 LTS.

Perubahan sejak Ubuntu 18.04 LTS

Selain pembaruan dari sisi sistem inti, Ubuntu MATE 20.04 LTS juga membawa pembaruan lingkungan desktop MATE 1.24. Berikut pembaruan dari lingkungan desktop MATE 1.24.

  • Penambahan beberapa variasi tema berwarna yang dilengkapi fasilitas pemasangan sekali klik untuk Anda yang tidak suka Chelsea Cucumber.
  • Penambahan opsi pemasangan eksperimental ZFS.
  • Penambahan GameMode dari Feral Interactive; Sayangnya belum ada aplikasi grafisnya.
  • Perbaikan beberapa kerusakan pada Menu Cepat dan menambahkan navigasi keyboard.
  • Perbaikan peralihan tata letak panel yang sekarang stabil dan dapat diandalkan melalui MATE Tweak Tweak dan Ubuntu MATE Selamat Datang. Ini fitur yang mantap, Anda bisa mengubah panel baku MATE dengan mudah.
  • Dan beberapa perbaikan lain.
Apa yang Baru di Ubuntu MATE 20.04 LTS | Pemilihan warna pada aplikasi Welcome
Pemilihan warna pada aplikasi Welcome di Ubuntu MATE 20.04 LTS

Pembaru firmware

Tim pengembang Ubuntu MATE telah menambahkan frontend GTK untuk paket fwupd, aplikasi ini bisa melakukan beberapa hal, diantaranya:

  • TIngkatkan, turunkan versi, dan pasang ulang firmware pada perangkat yang didukung oleh  Linux Vendor Firmware Service (LVFS).
  • Membuka kunci perangkat fwupd yang terkunci.
  • Memverifikasi firmware pada perangkat yang didukung.
  • Menampilkan semua rilis untuk perangkat fwup.
Apa yang Baru di Ubuntu MATE 20.04 LTS | Firmware Updater
Firmware updater di Ubuntu 20.04 LTS

Pratinjau Aplikasi yang Diminimalkan

Aplikasi yang diminimalkan ke dalam daftar jendela sekarang menyajikan pratinjau gambar mini.

Apa yang Baru di Ubuntu MATE 20.04 LTS | Pratinjau aplikasi yang diminimalkan
Pratinjau aplikasi yang diminimalkan di Ubuntu MATE 20.04 LTS

Pengalih ruang kerja memungkinkan Anda untuk meralih diantara ruang kerja menggunakan papan tik dan tetikus.

Pengalih antar ruang kerja di Ubuntu MATE 20.04 LTS

Compiz dan Compton telah dihapus dari instalasi Ubuntu MATE. Menurut pengembang, sudah tidak ada lagi alasan mendasar untuk memasukkannya ke sistem. Tim pengembang hanya akan fokus pada satu manajer jendela agar dapat fokus dalam pengembangan fitur-fitur baru dan meminimalkan upaya pengembangan. Ada yang masih mainan Compiz?

Pusat Notifikasi

Pusat notifikasi telah dilengkapi dengan fitur “jangan ganggu”. Ketika fitur tersebut diaktifkan, notifikasi akan dibisukan dan ditangkap di pusat notifikasi untuk ditinjau. Pusat notifikasi juga memungkinkan kita untuk memasukkan beberapa pemberitahuan ke daftar hitam, sehingga tidak pernah ditampilkan oleh pusat notifikasi.

Menurut saya ini keren, sih, cuman kalau ditambahkan fitur menampilkan jumlah notifikasinya juga mungkin akan semakin keren. Ya semoga saja, sih. Hehe.

Evolution menggantikan Thunderbird

Ternyata, pengalihan aplikasi surel klien ini-pun bisa memicu pro dan kontra juga, lo, saya kurang tahu persis tentang pro dan kontra-nya apa, hanya saja, tim pengembang telah menyepakati pengalihan aplikasi surel klien sesuai dengan pertimbangan berikut:

  • Thunderbird tidak terintegrasi dengan baik dengan desktop. Misalnya, integrasi tema, fonta, kompatibilitas HUD, pemberitahuan dengan tombol aksi, lokal dan pemeriksa ejaan.
  • Evolution terintegrasi dengan baik dengan desktop MATE karena keduanya sama-sama menggunakan GTK3.
  • Evolution mencangkup interoperabilitas dengan LibreOffice, dimana Ubuntu MATE telah mengirimkan komponen yang diperlukan.
  • Evolution memiliki integrasi yang unggul dengan Google Mail dan Exchange mail, termasuk kalender, kontak, tugas, dan memo.

Indikator tanggal/waktu juga terintegrasi dengan Evolution. Ini berfungsi penuh, termasuk semua fitur untuk membuat acara baru atau membuka acara mendatang dari indikator. Mengeklik pada masing-masing hari dalam sebulan menampilkan acara untuk hari itu, dll.

Apapun pro dan kontranya, saya, sebagai pengguna, belum pernah menggunakan keduanya. Saya lebih suka membuka masing-masing layanan surel via peramban web. Nah, jika Anda pengguna salah satu diantaranya, mungkin Anda bisa memberikan tanggapan di kolom komentar.

MATE Tweak dan Ubuntu MATE Welcome

Preferensi pengguna ketika beralih antar tata letak khusus pada aplikasi tweaking sampai saat ini masih mempertahankan berkat kontribusi dari komunitas.

Kini, kemampuan tersebut lebih ditingkatkan di aplikasi bernama Ubuntu MATE Welcome dengan tujuan agar pengguna lebih mudah mengakses dan berpindah tata letak sesuai dengan keinginannya.

Apa yang Baru di Ubuntu MATE | Opsi untuk berganti tata letak di Welcome
Opsi pilihan untuk berpindah tata letak di Ubuntu MATE 20.04 LTS

Pemacu Nvidia

Ubuntu telah memasukkan paket pemacu Nvidia ke dalam citra ISO-nya secara bawaan. Pemacu tersebut terpasang dengan menyandang status sebagai perangkat lunak berpemilik.

Karena Ubuntu MATE menggunakan sistem inti dari Ubuntu, dia juga telah menyediakan beberapa dukungan terhadap pemacu kartu grafis saingan AMD tersebut. Dimana, pada saat pengguna dapat memilih menggunakan pemacu perangkat keras pihak ketiga selama instalasi tanpa koneksi internet. Dukungan lain juga disediakan Ubuntu MATE dengan menyediakan applet khusus bernama MATE Optimus grafis hibrid yang menampilkan logo Nvidia.

Aplikasi utama

Selain peningkatan pada sisi desktop MATE dengan versi 1.24.0 dan kernel Linux 5.4, Ubuntu MATE juga membawa beberapa aplikasi terkini, seperti Firefox 75.0, Celluloid 0.18 menggantikan VLC, LibreOffice 6.4.2, dan Evolution 3.36.1.

Apa yang Baru di Ubuntu MATE | Celluloid menggantikan VLC
Celluloid menggantikan VLC di Ubuntu MATE 20.04 LTS

Unduh Ubuntu MATE 20.04 LTS

Ubuntu MATE 20.04 LTS dapat diunduh melalui tombol unduh dibawah ini:

Tingkatkan dari Ubuntu MATE 18.04 LTS atau Ubuntu MATE 19.10

Dari Ubuntu MATE 18.04 LTS atau Ubuntu MATE 19.10, Anda bisa memutakhirkan sistem Anda ke Ubuntu MATE 20.04 LTS. Sebelum Anda memutakhirkan Ubuntu MATE 18.04 LTS atau Ubuntu MATE 19.10 ke Ubuntu MATE 20.04 LTS, pastikan Anda sudah memasang semua pembaruan paket saat ini untuk.

Berikut langkah-langkah meningkatkan Ubuntu MATE 18.04 LTS ke Ubuntu MATE 20.04 LTS:

  • Buka Terminal.
  • Perbarui semua paket dengan perintah sudo apt update && sudo apt dist-upgrade -y.
  • Setelah semua paket terkini sudah diperbarui, tingkatkan Ubuntu MATE 18.04 LTS dengan perintah do-release-upgrade -d.
  • Ikuti instruksi yang ada.

Langkah-langkah meningkatkan dari Ubuntu 19.10 ke Ubuntu MATE 20.04 LTS:

  • Buka aplikasi Software & Updates.
  • Setelah terbuka, klik pada tab ke-3 bernama Updates
  • Atur bagian menu tarik-turun Notify me of a new Ubuntu version menjadi For any new version.
  • Buka Terminal, perbarui semua paket terkini.
  • Tingkatkan Ubuntu MATE 19.10 ke Ubuntu MATE 20.04 LTS dengan perintah do-release-upgrade -d.