Surat elektronik (disingkat surel) merupakan salah satu layanan internet yang saat ini sudah sangat melekat dengan kebutuhan hidup manusia. Seperti namanya, tugas utama surat elektronik adalah bisa mengirim dan menerima surat secara digital.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan jasa tersebut, bahkan bisa kita gunakan secara cuma-cuma. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang harus kita patuhi sebagai penggunanya.

Lihat saja, Google dengan GMAIL-nya, Microsoft dengan Outlook-nya, Yahoo! dengan Yahoo! Mail-nya.

Bahkan, jika mempunyai nama domain sendiri, Anda bisa membuat alamat surel dengan domain Anda kok. Keren bukan.

Semua yang keren-keren itu akan terlihat tambah keren lagi jika Anda menambahkan satu hal kecil didalamnya. Misalnya tanda tangan.

Yup, tanda tangan merupakan fitur yang disediakan oleh hampir semua layanan surat elektronik. Bahkan sudah seperti fitur yang wajib kita gunakan.

Fungsi Tanda Tangan Pada Surat Elektronik

Sederhananya sih, saya males kalau ngetik sesuatu hal yang sama berkali-kali, jadi, buat ngakalin itu, saya manfaatkan saja fungsi tanda tangan pada surat elektronik.

Setiap tulisan yang kita masukkan ke bagian tanda tangan akan otomatis dimuat saat kita membuat pesan baru. Nah, dari pada hanya berupa tulisan saja, Anda bisa membuat-nya agar tampak lebih professional. Tanpa repot-repot ngoding pula.

Platform Generator Tanda Tangan Surat Elektronik

Saya berasumsi Anda sudah tahu cara mengaktifkan fitur tanda tangan di layanan surel yang Anda gunakan. Disini saya hanya akan mengulas beberapa platform yang digunakan untuk menghasilkan tanda tangan.

Sekali lagi, tanpa perlu susah-susah ngoding.

Sejauh ini, ada dua platform penghasil tanda tangan untuk pesan elektronik yang saya tahu dan pernah saya gunakan. Kedua-duanya berbasis web. Yaitu:

Jadi, apa kelebihan dan kekurangan dari kedua platform tersebut? Berikut ulasannya.

HubSpot E-mail Signature Generator

Sebenarnya, HubSpot ini merupakan platform CRM (Customer Relationship Management) berbasis web yang bisa Anda gunakan untuk beragam kebutuhan bisnis Anda. Menariknya, platform HubSpot CRM tersedia secara cuma-cuma, alias gratis.

Kembali ke topik bahasan. Sebagai platform CRM, HubSpot juga memiliki satu fitur yang sedari tadi sudah kita bahas. Ya, alat penghasil tanda tangan surat elektronik yang bisa diakses melalui laman Sumber Daya HubSpot.

Tampilan situs penghasil tanda tangan surel, HubSpot

Setelah Anda mengakses fitur penghasil tanda tangan surel (ESG, Email Signature Generator) milik HubSpot, Anda akan disuguhkan halaman seperti gambar di atas ini. Secara kasat mata, lamat ESG memiliki dua bagian; bagian opsi yang terdiri dari empat tab dan bagian yang menampilkan hasil dari generate.

Mail Signature Generator

Layanan satu ini bisa dibilang sebagai penghasil tanda tangan surel dengan pilihan templat yang sangant beragam. Penggunaanya dalam menghasilkan tanda tangan surel juga sangat mudah.

Tampilan situs penghasil tanda tangan surel, mail-signatures.com

Mail-signatures.com ditenagai oleh CodeTwo. Sebuah perusahaan vendor perangkat lunak yang memberikan solusi untuk Office 365 dan Exchange, migrasi data dan cadangan serta, tentu saja, tanda tangan surel.

Untuk menggunakannya, Anda cukup memilih templat sesuai keinginan Anda dan mengisi data-data yang perlu Anda tampilkan. Seperti nama, jenis pekerjaan, nama perusahaan, alamat surel, alamat kantor atau rumah, serta tautan ke sosial media Anda.

Kesimpulan

Baik HubSpot E-mail Signature Generator maupun Mail Signature Generator keduanya cukup mudah digunakan, tersedia gratis, bisa diimplementasikan dibanyak layanan surel, dan lengkap dengan dokumentasi terkait langkah demi langkah pengaplikasiannya ke layanan surel tanpa perlu ngoding sedikit-pun.

Tetapi jika Anda lebih suka dengan variasi templat yang beragam, saya lebih merekomendasikan Mail Signatures Generator untuk Anda gunakan.

Baik layanan surel dengan domain sendiri maupun dengan domain lain, yang paling penting-kan bagaimana kita terlihat profesional. Sekaligus sebagai ajang mempromosikan diri. Lumayan kan.