Bat-Bet-Set. Itu sih yang ada difikiran saya ketika teman-teman bikin pengumuman bukber (buka puasa bersama) di grup kelas, TF C angkatan 2014. Saya sampai lupa kalau ini bukber yang ke-5 kalinya, padahal seingat saya masih ke-3 kalinya.

Saya suka dengan agenda bukber TF C 2014 yang ke-5 ini. Pasalnya bukber kali ini tidak diadakan di warung makan atau resto melainkan di rumah Andi. Jadi bisa lebih santai dan lebih leluasa aja ketimbang kalau bukber di warung makan atau resto. Mau kekamar mandi tinggal masuk. Mau selonjoran gak usah tengak-tengok kanan dan kiri. Mau nyemil tinggal ambil. Mau minum tinggal tuang. Mudah dan gak ribet.

Acara dimulai dengan ngabuburit. Ngobrol seputar hasil yudisium, skripsi, dunia kerja dan lain-lain sambil menunggu teman-teman yang lain datang.

Azan maghrib-pun berkumandang dari masjid yang letaknya tak jauh dari rumah Andi. Kami segera membatalkan puasa dengan menyantap hidangan takjil. Ada kurma, semangka, ote-ote, lumpia, pastel, es kopyor dan softdrink. Setelah menyantap hidangan takjil sebagian dari kami bergegas ke masjid.

Sesampainya dari masjid yang berjarak kurang lebih 50 meter ini, kami berkumpul dan bersiap-siap menyantap hidangan utama bukber. Nasi kuning adalah menu yang saya pilih dan sudah saya booking sebelumnya.

Satu kotak nasi kuning punya saya berisi sepotong ayam bumbu bali, mie goreng, kering tempe, sambal dan lalapan. Nikmat. Apalagi disantap bersama dengan orang banyak, tambah nikmat.

Selesai menikati hidangan utama buka puasa, kami melanjutkan acara diskusi. Kali ini giliran si Adit yang ditanggap teman-teman untuk berbagi pengalaman dalam berumah tangga. Sesi diskusi sangat riyuh dengan bumbu-bumbu bercandaan ala TF C 2014. Tidak lupa, kami juga berfoto bersama.

Foto bukber TF C 2014 yang ke-5

Buat saya, acara bukber kali ini bukan seperti bukber biasa. Makan minum, ngobrol, foto-foto, pulang. Lebih dari itu. Bagi saya, bukber ke-5 ini merupakan ajang reuni bagi kami. Karena diantara kami ada yang sudah lulus, ada yang baru di yudisium dan ada yang masih berjuang melawan skripsi.

Sebelum menutup tulisan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap teman-teman yang sudah mau repot-repot mengatur jalannya acara, tuan rumah, dan teman-teman yang hadir. Buat yang tahun ini belum bisa hadir, semoga bukber ke-6 nanti di tahun depan dapat hadir.

Akhir kata. Saya ingin mengucapkan selamat kepada teman-teman TF C 2014 yang telah di yudisium oleh Wadek 3 Fasilkom, UPN “Veteran” Jawa Timur, pada 28/05, kemarin. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat. Apapun cita-cita kalian, semoga Tuhan memberikan kelancaran yang diiringi dengan petunjuk-petunjuk-Nya. Amin.

Bagi teman-teman yang masih berjuang keras melawan skripsi, semangat, ojok mlempem. Segera dipacu pengerjaan program dan laporannya. Jangan lupa sering-sering konsultasi ke dosen pembimbing supaya segera mendapatkan rekomendasi untuk maju ke persidangan skripsi.

Demikian coretan tentang bukber TF C 2014 ke-5 di tahun 2019 yang dapat saya ketik di blog pribadi. Mohon dimaafkan bila ada salah-salah ketik, ya.

Salam, TF C 2014.