Cara bikin video timelapse di Xiaomi Mi 9 – Akhir-akhir ini saya doyan banget ngulak-ngulik fungsi dari kamera ponsel saya. Mulai dari foto manual sampai yang sekarang video selang waktu.

Video timelapse atau video selang waktu merupakan teknik dalam penggambilan video yang memanfaatkan waktu lebih cepat dari waktu normal. Misalnya selang waktu 2x, 10x, 30x atau 120x. Masing-masing selang waktu memiliki interval yang berbeda-beda. 2x memiliki interval selama 0,06 detik, 10x selama 0,3 detik, 30x selama 1 detik dan 120x selama 4 detik.

Masing-masing selang waktu juga memiliki kegunaan sendiri. Selang waktu 4x cocok untuk video rame-rame, 10x untuk jalan kaki, 30x untuk tempat rame, sedangkan 120x digunakan untuk sunset atau sunrise. Pilihan yang mana-pun, sesuai selera aja, sih.

Data-data kecepatan selang waktu di atas malah saya peroleh dari GCam Mod, bukan dari kamera stok Xiaomi-nya. Selengkapnya ada di video singkat dibawah ini.

Konfigurasi Timelapse di GCam Mod

Oiya, sebelum saya melanjutkan cara bikin video timelapse di Xiaomi Mi 9 sepertinya saya harus disclaimer dulu. Saya ini masih amatir banget dalam dunia fotografi atau videografi, bisanya cuman asal jepret doang. Artikel ini hanya bersifat berbagi sesuai dengan yang sudah saya coba langsung.

Perlengkapan yang dibutuhkan

  • Tripod, saya menggunakan Takara ECO-173A.
  • Xiaomi Mi 9, sebagai ponsel yang akan saya gunakan untuk merekam.

Cara bikin timelapse-nya

  • Pasangkan posel pada tripod dengan orientasi portrait. Cari lokasi yang menghadap langsung ke arah matahari terbit atau terbenam.
  • Buka aplikasi stok kamera Xiaomi Mi 9.
  • Pilih bagian Video. Untuk memulai merekam timelapse, (masih dibagian Video) ketuk tombol opsi di kanan atas, lalu pilih Selang Waktu.
  • Setelah mengetuk opsi Selang Waktu, ketuk opsi Setelan. Pada bagian interval selang waktu, silahkan pilih interval waktu yang diinginkan, dalam kasus ini, saya memilih 120x.
  • Ketuk rekam.

Saat merekam, sebaiknya dimulai pada saat matahari belum terbit agar Anda benar-benar mendapatkan momen berupa video timelapse matahari terbit. Berikut adalah contoh hasil dari video timelapse matahari terbit yang sudah pernah saya rekam.

Timelapse matahari terbit. Dilisensikan dibawah lisensi CC BY-NC-SA

Kesimpulan

Kamera ponsel pintar saat ini sudah bisa dibilang hampir menyamai kemampuan dari kamera DSLR maupun Mirrorless, terutama dalam hal resolusi. Tengok saja kamera utama dari Xiaomi Mi 9 yang memiliki resolusi 48 MP berkat teknologi pixel binning.

Dengan beragam kemampuannya itu, dengan berbekal ponsel pintar saja, Anda sudah bisa menghasilkan foto atau video yang ciamik, meskipun harus dibantu dengan perangkat lunak editing pada post processing-nya.

Hasil dari video timelapse di atas juga tidak lepas dari perangkat lunak editor video. Editing yang saya lakukan hanya sekedar memberikan white balance pada video dan sedikit mempercepat selang waktunya agar bisa diposting di Instagram.

Demikian artikel tentang cara bikin timelapse di ponsel pintar Xiaomi Mi 9. Semoga bermanfaat.