Kabar gembira buat Anda pengguna Debian. Yap, Setelah melewati proses pengembangan selama 25 bulan, Debian Project telah mengumumkan pelepasan Debian versi terbaru. Debian 10.

Masih konsisten menggunakan nama-nama karakter dari salah satu film keluaran Disney dan Pixal Animation Studio, Toy Story, sebagai kode nama disetiap rilisnya.

Rilis Debian dengan nomor versi 10 ini oleh Debian Project diberi kode nama Buster. Salah satu karakter hewan peliharaan Andy dan keluarganya di film Toy Story.

Jadi, apa saja yang baru di Debian 10 “Buster” ini?

Lingkungan Desktop

Debian 10 “Buster” hadir dengan beberapa lingkungan desktop terbaru. Meskipun menurut saya kata “terbaru” tidak bisa disamakan dengan kata “terkini” juga sih.

Adapun beberapa lingkungan desktop yang secara resmi bisa Anda gunakan di Debian 10 “Buster” antara lain Cinnamon 3.8, GNOME 3.30, KDE Plasma 5.14, LXDE 0.99.2, LXQt 0.14, MATE 1.20, dan Xfce 4.12.

Dalam rilis ini, GNOME secara baku telah menggunakan Wayland sebagai peladen tampilan baku menggntikan Xorg.

Alih-alih mengganti keseluruhan komponen Xorg, pihak Debian Project justru masih menyertakan Xorg pada instalasi. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat memilih Xorg pada sesi berikutnya.

Tema dan Latar Belakang Desktop

Debian 10 “Buster” hadir dengan tampilan dan tema baru nan segar. Fitur ini diberi nama FuturePrototype.

Latar belakang desktop Debian 10, foto oleh FuturePrototype

Kernel Linux 4.19

Kernel Linux 4.19 merupakan rilis kernel Linux dengan dukungan jangka panjang atau Long term Support (LTS). Alasan pemilihan kernel ini sangat klop dengan model pengembangan Debian yang cenderung lebih memilih mengembangkan versi LTS disetiap rilisnya.

Jadi, wajar saja jika rilis versi terbaru Debian akan tersedia setiap dua tahun sekali.

AppArmor Aktif Secara Bawaan

AppArmor adalah kerangka kerja Kontrol Akses Wajib. Saat diaktifkan, AppArmor membatasi program sesuai dengan serangkaian aturan yang menentukan file apa yang dapat diakses oleh program tertentu. Dengan kata lain, AppArmor membantu melindungi sistem terhadap kerentanan yang diketahui maupun yang tidak diketahui.

Dukungan But-aman

Sekarang, saat scure-boot Anda aktif, Anda dapat dengan mudah memasang Debian 10 “Buster” di komputer atau laptop kesayangan Anda.

Sistem Instalasi Baru untuk Debian-Live

Debian Project memberikan opsi tambahan terkait sistem instalasi Debian 10 “Buster”. Sistem instalasi baru ini dapat Anda gunakan pada Debian-Live. Dari proyek Calamares.

Bagian pemartisi sistem instalasi Calameres, foto oleh itsfoss

Sistem instalasi baru ini ditujukan untuk pemula yang ingin memulai belajar dengan Debian. Bagi Anda yang sudah lihai-pun, tersedia juga sistem instalasi konvnsional ala Debian.

Dan beberapa pembaruan yang lain.

Coba Debian 10 “Buster”

Unduh dan coba Debian 10 “Buster” dengan mengunduh citra iso dibawah ini:

Sumber

Debian 10 Buster Released! Here are the New Features, tersedia daring di https://itsfoss.com/debian-10-buster/

Debian 10 buster released, tersedia daring di https://www.debian.org/News/2019/20190706