Memasuki kuartal ke-2 di tahun 2019, Canonical sudah melakukan penggodokan terhadap bakal calon rilis anyar Ubuntu dengan nomor versi 19.10. Rilis yang mungkin akan memenuhi segala ekspetasi Anda akan fitur-fitur baru yang segar.

Sudah banyak situs-situs berita terkait FLOSS yang memberitakan terkait ekspetasi fitur yang akan dibenamkan oleh Canonical di Ubuntu 19.10 ini. Mulai GNOME 3.34, Peningkatan terhadap tema Yaru dengan dukungan untuk aplikasi Snap, hingga peningkatan toolchain.

Selain ekspetasi fitur, kode nama yang disematkan pada rilis kali ini-pun patut dibahas. Sepeti yang Anda ketahui, kode nama ini menggunakan kombinasi (untuk awal dan akhir kata) huruf ‘E’, urutan abjad setelah huruf ‘D’ yang telah digunakan di Ubuntu 19.04 sebagai ‘Disco Dingo’.

Pola penamaan kode nama pada Ubuntu 19.10 merupakan kali keduanya menggunakan huruf ‘E’ setelah ‘Edgy Eft’ yang digunakan untuk kode nama Ubuntu 6.10.

Kode nama Ubuntu biasanya diawali dengan kata sifat dan diakhiri dengan nama hewan atau biasanya gabungan dari kata sifat yang menggambarkan suatu tindakan hewan yang menjadi maskotnya. Jika benar demikian, berarti Eoan adalah kata sifat, sedangkan kata Ermine berarti nama hewan. Mari kita kupas satu-per-satu.

Lantas, apa harapan Canonical dari nama Eoan Ermine untuk Ubuntu 19.10 ini?

Saya sendiri sempat kebingungan menerjemahkan kata Eoan. Setelah mencari tahu diberbagai situs, akhirnya saya hanya memahami dua hal.

Hal yang pertama, kata Eoan, bukan berasal dari bahasa American English, melainkan British English. Hal yang kedua, kata Eoan didefinisikan sebagai kata sifat yang berarti “atau berkaitan dengan, fajar”.

Kata kedua, Ermine, merupakan nama hewan yang masih dalam keluarga musang. Ermine adalah bentuk formal untuk Cerpelai atau musang berekor pendek (short-tailed weasel).

Nah, sekarang Anda sudah tahu arti dari masing-masing kata dari kode nama Ubuntu 19.10, Eoan Ermine. Bagaimana jika arti dari masing-masing kata tersebut digabung?

Berikut kemungkinan arti dari Eoan Ermine yang berkaitan dengan Ubuntu 19.10:

  • Fajar musang berekor pendek dan akan keluar pada bulan Oktober menurut phoronix.com.
  • Musang berekor pendek yang terlihat di fajar pada bulan Oktober.
  • Musang yang bercahaya pada bulan Oktober.
  • Musang putih bercahaya fajar.

Yang mana-pun arti sebenarnya dari Eoan Ermine, kita tunggu saja pengumuman resmi dari Pak Mark Shuttleworth di situs resmi beliau.

Anda mungkin punya arti atau maksud lain dari kode nama Ubuntu 19.10, Eoan Ermine, boleh pakek banget corat-coret dikolom komentar. 🙂

Oiya, buat Anda yang sudah penasaran dengan si Eoan Ermine ini, atau ingin membantu tim pengembang Ubuntu untuk menguji citra harian gunakan tautan berikut untuk mengunduh.

Jangan memasang citra harian di mesin produksi, sebagai alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan VirtualBox untuk melakukan pengujian.

Rujukan

Collins Dictionary states, tersedia daring https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/eoan

Merriam-Webster Dictionary, tersedia daring https://www.merriam-webster.com/dictionary/eoan

Sumber

Ubuntu 19.10 Codename Revealed, And Boy It’s Obscure, tersedia daring https://www.omgubuntu.co.uk/2019/04/ubuntu-19-10-codename

Ubuntu 19.10 Release Schedule and Expected Features, tersedia daring https://itsfoss.com/ubuntu-19-10-release-feature/

Share This