Havoc OS lanjutkan pemeliharaan device lama – Salah satu rom berbasis AOSP populer ini akhirnya memberikan pembaruan lagi untuk perangkat lama.

Hal itu saya ketahui setelah berhasil memperbaiki perangkat saya setelah sekian bulan ‘mati suri’ dan merencanakan pemasangan ulang sistem operasinya.

Saat mengunjungi situs Havoc OS untuk mendapatkan rom terkini, disitulah saya tahu dukungan rom untuk perangkat saya telah dilanjutkan kembali. Tentu dengan pemelihara yang baru, karena pemelihara sebelumnya kemungkinan mundur dari proyek.

Perangkat yang saya maksud adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Ponsel ‘sejuta umat’ pada masanya yang diperkenalkan pertama kali oleh Xiaomi pada Januari 2016.

Berikut beberapa catatan terkait dengan Havoc OS lanjutkan pemeliharaan device lama yang bisa saya ulas di artikel ini.

Alasan dibalik pemeliharaan yang sempat terhenti

Buat saya, sebagai pengguna biasa, tentu merasa senang dengan hadirnya Havoc OS. Disaat perangkat-perangkat lama setingkat hanya dikembangkan untuk basis Android 9 Pie, Havoc OS malah sudah bisa mendukung sampai Android 10. Perkembangan ini tentu tidak lepas dari komitmen para pengembang, khususnya pemelihara utama.

Pengembangan Havoc OS untuk Redmi Note 3 Pro dimulai dari versi Havoc OS 2.0 hingga menginjak versi Havoc OS 2.4.

Pada versi 2.4 inilah salah satu admin mengumumkan pembatalan dukungan terhadap Kenzo (Redmi Note 3 Pro) dan Rolex (Redmi 4A). Pembatalan ini dikarenakan kesibukan dari para pemeliharanya, pembaruan akan dijeda sampai pengembang mendapatkan kontributor pemelihara yang baru.

Beruntung, beberapa bulan kemudian, tepatnya pada versi 3.3, Havoc OS untuk Redmi Note 3 Pro mendapat pemelihara baru. Sampai versi terkini yang saya gunakan. Havoc OS 3.5 berbasis Android 10.

Tips memilih Open GApps

Sedikit tips buat Anda yang baru saja memasang Havoc OS 3.5 berbasis Android 10 di perangkat Xiaomi Redmi Note 3 Pro atau mungkin di Redmi 4A juga. Tips ini terkait dengan memilih varian dari paket Open GApps itu sendiri.

Silahkan Anda memilih varian paket Open GApps yang didalamnya tidak tersedia Google Photos. Untuk itu, silahkan unduh Open GApps dengan platform ARM64, Android 10, lalu pilih yang varian micro atau dibawahnya.

Alasannya adalah Google Photos di Havoc OS 3.5 yang berbasis Android 10 tidak bisa dijalankan dengan baik. Setiap kali akan dijalankan selalu force close. Sebagai gantinya, Havoc OS sendiri sudah menyediakan Gallery Go (Google Photos tapi yang versi ringan atau lite secara pra-instal. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat akan mengakses galeri foo dan video Anda.