Memasuki masa transisi ke normal baru memang bukan berarti kita bisa leluasa kemana saja. Tapi yang namanya kebutuhan memang tidak bisa ditunda, apalagi kalau sudah menyangkut masalah pendidikan. Itulah alasan yang melatar belakangi saya harus berangkat ke Surabaya. Mulanya saya bingung antara Hi-tech Mall atau ITC Mega Grosir, akhirnya saya coba saja berkunjung ke keduanya.

Kebetulan, ada tetangga yang minta tolong buat dicarikan laptop. Merk apapun asal sesuai dengan budget yang diberikan. Bagi saya, ini kesempatan yang bagus. Sejak lulus dari bangku kuliah, saya belum pernah berkunjung kesana. Sekalian aja buat update harga pasaran laptop terbaru saat ini. Lumayan, kan.

Hi-tech Mall atau ITC Mega Grosir, berikut opini saya pribadi tentang keduanya.

Hi-tech Mall

Sebagai anak SMK jurusan TKJ, yang juga baru ngerti Hi-tech Mall, saya beranggapan kalau Hi-tech Mall ini satu-satunya pusat pasar teknologi di Surabaya. Tempat nongkrong idaman-lah pokoknya. Etalase yang penuh dengan produk-produk keren. Pengunjung juga tidak pernah sepi. Saya sangat betah jalan berjam-jam hanya untuk melihat-lihat produk yang keren-keren.

Saat belanja perangkat elektronik, tiba-tiba keingat kalau butuh pakaian, saya-pun tidak perlu berpindah ke mall lain. Cukup ke lantai dasar, semua kebutuhan sudah terpenuhi. Pas kecapekan akibat jalan berjam-jam dan butuh makan, saya juga tidak perlu pindah gedung, kalau hanya ingin makan ayam krispi atau hanya sekedar minum es teh, di Hi-tech mall, semua lengkap.

Itu yang saya rasakan beberapa bulan yang lalu. Sekarang, Hi-tech Mall sudah berubah. Entah bagaimana saya mau mengatakannya, pokoknya apa yang saya lihat saat ini (20/06/2020) sangat berbeda dengan yang pernah saya lihat dulu.

Hi-tech Mall atau ITC Mega Grosir?
Suasana Hi-tech Mall saat saya berkunjung pada 20/06/2020

Hi-tech Mall makin kesini semakin sepi. Meski begitu, beberapa toko di lantai 1 dan lantai 2 terlihat masih beroperasi seperti biasanya. Setelah memilih beberapa brand laptop, melakukan tawar-menawar, dan saya merasa kurang cocok sama harganya. Akhirnya saya memutuskan untuk pindah ke ITC Mega Grosir yang berada tepat didepan Pasar Atum, Surabaya.

ITC Mega Grosir

Beruntung, saya masih kebagian parkir R2 yang ada didepan. Jadi saya tidak perlu repot-repot nyari parkiran yang ada didalam gedung. Apalagi, ini masih menjadi kunjungan ke-2 saya ke ITC Surabaya Mega Grosir. Gak takut nyasar, cuman rada wegah nyari jalannya.

Kunjungan ke-2 kali ini, kesan saya terhadap ITC Surabaya Mega Grosir sangat berbeda dengan kesan kunjungan pertama kali. Kunjungan pertama lantai 2, lantai yang dikhususkan untuk menjual produk-produk IT, masih sangat sepi. Banyak toko tanpa identitas masih tertutup rapat. Tapi tidak dengan kunjungan kedua saya. Lantai 2 ITC Surabaya Mega Grosir ternyata sudah dipenuhi dengan aneka macam produk teknologi terkini.

Hi-tech Mall atau ITC Mega Grosir?
Potret antar lantai di ITC Surabaya Mega Grosir

Kok malah jadi kebalikan dari Hi-tech Mall, ya?

Di ITC Surabaya Mega Grosir, menurut saya, laptop si ASUS tampak lebih mendominasi ketimbang dari merk yang lain, seperti Lenovo, HP, Acer, hingga Toshiba. Salah satu brand-nya si ASUS yang paling sering saya jumpai adalah VivoBook. Tiap toko pasti ada dan harganya juga sangat variatif. Bikin orang bingung. Bagus sih, tapi harganya gak sesuai budget, jadi ya skip.

Setelah memilih berjam-jam, antara si ASUS atau si Lenovo, akhirnya saya memutuskan untuk memboyong Lenovo V14-IWL seharga 5juta. Pas. Laptop entri level dengan prosesor Inter Core i3 generasi ke-8 dan dukungan penyimpanan tambahan melalui antarmuka NVMe, kata penjualnya.

Kesimpulan

Baik Hi-tech Mall maupun ITC Mega Grosir, yang mana-pun, tentu harapan kita sebagai konsumen adalah harga terbaik sesuai dengan kemampuan. Kita juga harus jeli saat akan membeli barang incaran. Jangan sampai terlena dengan kata diskon.

Anda memang harus mengorbankan sedikit lebih banyak waktu untuk memastikan harga apakah sesuai dengan pasar pada umumnya. Lebih baik sebelum membeli, Anda sudah punya acuan harganya dulu, biar gampang nantinya.

Masak Lenovo V14 yang harga di pasarannya sekitar 5 juta-an dijual dengan harga 6,3 juta dengan dalih diskon sebesar 1 juta. Yang bener aja ah.

Demikian opini saya terkait Hi-tech Mall atau ITC Mega Grosir yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.