Jadwal rilis Ubuntu 20.10 Groovy Gorilla – Ubuntu memang gak ada matinya. Setelah merilis Ubuntu 20.04 LTS pada bulan April lalu, kini tim pengembang sudah menyiapkan rilis Ubuntu berikutnya. Tak heran karena Ubuntu memiliki siklus perilisan setiap semester.

Seperti pada rilis sebelum-sebelumnya, tim pengembang masih mempertahankan kultur pengembangan, seperti fotmat penomoran versi, penamaan kode untuk masing-masing rilis hingga waktu rilisnya. Bagi Anda pecinta Ubuntu, hal itu tentu menjadi sesuatu yang misterius, khususnya pada bagian kode namanya.

Yep, saya termasuk salah satu orang yang selalu penasaran dengan kode nama dari setiap rilis Ubuntu. Nah, buat Anda yang belum tahu budaya pemberian kode nama untuk masing-masing rilis Ubuntu, saya akan sedikit memberikan ulasannya pada bagian tersendiri di artikel ini.

Tidak usah panjang kali lebar lagi, berikut jadwal rilis Ubuntu 20.10 Groovy Gorilla selengkapnya.

Nomor versi rilis

Ubuntu menggunakan format nomor XX.YY untuk memberikan versi untuk setiap rilisnya. Dimana XX adalah dua digit nomor dari tahun rilis, sedangkan YY adalah dua digit nomor bulan pada saat rilis.

Saya ambil contoh bakal calon rilis berikutnya, yaitu Ubuntu 20.10, yang mana Ubuntu dengan nomor versi 20.10 akan diliris pada tahun 2020 tepatnya pada bulan ke-10, yaitu Oktober. Begitu juga dengan Ubuntu 20.04 yang sudah lebih dulu dirilis pada tahun 2020 tepatnya pada bulan ke-4, yaitu April.

Nah, di nomor versi rilis ini, pengembang membedakan lama waktu dukungan Ubuntu. Dimana Ubuntu yang dirilis di tahun genap dan di kuartal atau semester pertama akan mendapatkan dukungan jangka panjang atau bahasa kerennya itu long-term support (LTS). Seperti Ubuntu 18.04 LTS, Ubuntu 20.04 LTS. 20 berarti tahun 2020, tahun genap, sedangkan 04 adalah bulan April yang masuk pada kuartal pertama di tahun 2020.

Kode nama rilis

Inilah bagian yang segar disamping fitur unggulan yang ditawarkan disetiap rilisnya. Ya, kode nama yang disematkan disetiap rilisnya selalu unik. Kode nama Ubuntu terdiri dari dua kata, kata pertama merupakan kata sifat sedangkan kata kedua adalah nama hewan, dimana setiap katanya memiliki awalan huruf yang sama dan berurutan sesuai dengan abjad dengan rilis setelahnya.

Pada rilis Ubuntu 20.10, pengembang menyematkan kode nama Groovy Gorilla. GG. Kata “Groovy” adalah kata sifat informal yang mempunyai arti ‘modis, menarik, asyik’. Jika menggunakan Google Terjemahan, kata “Groovy” memiliki arti ‘asyik’. Sedangkan Gorilla adalah jenis primata yang terbesar.

Dalam urutan huruf abjad, ‘G’ berada disetelah ‘F’. Ubuntu 20.04 LTS menggunakan ‘FF’ yaitu Focal Fossa. Rilis Ubuntu berikutnya dengan nomor versi 20.10 menggunakan format ‘GG’ yaitu Groovy Gorilla.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kira-kira arti dari “Groovy Gorilla” apa ya?

Jadwal rilis Ubuntu 20.10

Rilis final Ubuntu 20.10 dijadwalkan pada 22 Oktober 2020. Nah sebelum ke penghujung rilis final ada beberapa bagian dari siklus pengembangan yang amat penting untuk disimak. Berikut beberapa bagian penting dalam siklus pengembangan Groovy Gorilla:

  • Siklus pengembangan Groovy Gorilla terdiri dari 2 proses pengujian mingguan. Proses ini dilakukan pada 2 Juli dan 3 September 2020.
  • Pembekuan fitur: 27 Agustus 2020.
  • Pembekuan antarmuka pengguna: 17 September 2020.
  • Pembekuan string pada dokumentasi: 24 September 2020.
  • Rilis beta Ubuntu 20.10: 1 Oktober 2020.
  • Pembekuan kernel: 8 Oktober 2020.
  • Kandidat rilis Ubuntu 20.10: 15 Oktober 2020.
  • Rilis final: 22 Oktober 2020.

Kesimpulan

Ubuntu yang akan rilis pada 22 Oktober 2020 mendatang mempunyai nomor rilis 20.10. Hal ini menandakan bahwa dia bukan termasuk dari rilis dengan dukungan jangka panjang atau LTS. Meski begitu, perilisannya selalu dinanti-nantikan oleh pecinta Ubuntu di dunia.

Oiya, jangan hanya menantikan final rilisnya saja, ya, ikuti juga masing-masing bagian dari siklus pengembangan untuk mendapatkan gambaran lebih luas terkait Ubuntu 20.10 ini. Dijamin seru.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lengkap terkait dengan jadwal perilisan Ubuntu 20.10, Anda bisa membacanya melalui laman Jadwal Rilis Groovy Gorilla.