Laptop jadul keluaran tahun 2013 itu sampai kini masih eksis berkat beberapa penyesuaian. Namun sayang, saat usianya hampir menginjak tujuh tahun, keyboard Lenovo G400s saya akhirnya tumbang.

Keyboard atau papan tik merupakan periferal masukan yang amat sangat penting. Anda mungkin bisa membayangkannya. Bagaimana ribetnya ngetik pakai on-screen keyboard atau mungkin papan tik nirkabel sekalipun. Ayolah, masak kemana-mana harus bawa papan tik eksternal?.

Awalnya iseng-iseng nanya informasi ketersediaan papan tik ori di salah satu pusat layanan Lenovo, ternyata dukungan laptop saya ini sudah discontinue. Mas-mas CS-nya ngasih saran buat beli di tempat jual beli daring atau beli langsung ke salah satu pusat elektronik terbesar se-Surabaya.

Tanpa pikir panjang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli papan tik baru. Papan tik baru tersebut saya beli melalui Tokopedia dengan harga Rp155.650,00. Jika Anda tertarik, Anda bisa membelinya dengan mengeklik tautan beli keyboard Lenovo G400s.

Perbedaan keyboard Lenovo G400s ori dengan kw-nya

Secara fisik, banyak sekali perbedaan antara keyboard Lenovo G400s yang ori dengan kw-nya. Sudah pasti seperti itu. Dalam hal ini, berlaku ‘ono rego, pasti ono rupo‘.

Bagian atas

Bagian atas keyboard Lenovo G400s ori:

  • Tombol Caps Lock dilengkapi dengan lampu indikator.
  • Cat masing-masing tombol lebih rapi.
  • Jika tombol ditekan, terasa lebih empuk dan tidak terlalu tinggi.

Bagian atas keyboard Lenovo G400s kw:

  • Tombol Caps lock, pada unit yang saya dapat, tidak dilengkapi dengan lampu indikator.
  • Cat masing-masing tombol tidak rapi.
  • Jika tombol ditekan, terasa lebih keras dan terlalu tinggi.

Bagian bawah

Pada bagian bawa keyboard, hanya ada satu perbedaan yang paling mencolok antara keyboard Lenovo G400s yang ori dengan yang kw.

Keyboard Lenovo G400s yang ori atau bawaan pabrik memiliki pelindung yang terbuat dari aluminium foil. Sedangkan yang kw atau unit yang saya dapat tidak memilikinya.

Fungsi dari pelindung tersebut adalah menghalangi debu atau kotoran untuk masuk dan menempel pada papan utama atau main board.

Cara mengganti keyboard Lenovo G400s

Cara membongkar dan mengganti keyboard Lenovo G400s dijelaskan secara lengkap melalui video berikut ini. Jangan lupa like, share dan subscribe, ya!.

Kesimpulan

Menurut analisa pribadi, tumbangnya papan tik Lenovo G400s ini adalah banyaknya debu dan kotoran yang menempel. Hal itu saya ketahui setelah memberanikan diri membongkar aluminium foil yang menjadi pelindung keyboard bawaan Lenvo G400s. Disana terlihat plak-plak debu yang sudah cukup tebal.

Sebenarnya, debu-debu tersebut bisa dibersihkan dengan mudah. Bisa menggunakan kain bersih atau vacuum cleaner untuk membersihkan bagian-bagian sempit di keyboard. Meski begitu, saya juga belum bisa menjamin langkah pembersihan tersebut bisa mengatasi permasalahan tumbangnya keyboard laptop Lenovo G400s saya ini.

Demikian sedikit curhatan terkait keyboard Lenovo G400s saya akhirnya tumbang. Semoga bermanfaat.