Saat ini, perangkat bergerak atau gawai sudah sangat mendominasi dan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari daftar kebutuhan pokok.

Tren dunia perbankan tampaknya juga mulai berubah. Semakin kesini, semakin mendukung gaya mobilitas modern.

Salah satu perbankan yang memberikan dukungan penuh terhadap gaya mobilitas adalah Jenius. Bagaimana tidak, solusi perbankan bisa diselesaikan hanya dari genggaman saja.

Pada artikel ini saya tidak membicarakan tentang Jenius yang sudah terkenal dengan solusi perbankannya. Saya akan membicarakan sedikit tentang BCA atau Bank Central Asia.

Maklum, saya nasabah BCA baru yang ‘agak’ terpaksa bikin rekening BCA untuk urusan pekerjaan. Tapi, setelah melihat ulasan dari David GadgetIn di kanal YouTube-nya, saya jadi penasaran juga.

Adalah fitur Cardless. Fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan beberapa kegiatan perbankan tanpa memakai kartu ATM, misalnya tarik tunai, setor tunai dan cabang (fitur transaksi tanpa kartu di cabang BCA). Fitur-fitur tersebut bisa Anda temui di BCA mobile.

Siang itu, 25/08/2019, saya membutikannya dengan mengambil sebagian gaji yang saya terima di bulan Agustus ini.

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA

Untuk dapat menggunakan fitur tanpa kartu atau bahasa kerennya cardless BCA, pastikan bahwa Anda sudah mengaktifkan fitur BCA mobile dengan menggunakan nomor hape yang sudah Anda daftarkan.

Dan tidak kalah pentingnya juga, kartu Anda memiliki saldo minimal Rp100.000.00 yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi.

Jika beberapa persyaratan di atas sudah terpenuhi, sekarang waktunya eksekusi.

Buka aplikasi BCA mobile di hape Anda. Ketuk menu m-BCA, masukkan kode akses, ketuk OK, Anda akan dibawa ke menu utama m-BCA. Untuk mulai bertransaksi tanpa kartu, ketuk Cardless, pilih jenis transaksi, misalnya Tarik Tunai, ketuk menu Tarik Tunai, pilih nominal yang ingin Anda ambil, ketuk OK, masukkan PIN BCA Anda.

Beberapa saat, Anda akan menerima kode transaksi 6 digit yang bisa Anda gunakan untuk konfirmasi transaksi. Perlu diingat, kode tersebut bisa digunakan hanya dalam kurun waktu sekitar 1 jam saja.

Pergilah ke supermarket terdekat yang memiliki fasilitas mesin ATM, biasanya di Indomaret atau Alfamidi, di daerah Anda.

Setelah berada di depan mesin ATM, Anda cukup menekan tombol Transaksi Tanpa Kartu, biasanya ada dibagian kanan bawah dari layar monitor. Masukkan nomor ponsel Anda yang terdaftar ke m-BCA, tekan tombol Benar, kemudian masukkan kode transaksi 6 digit yang sudah Anda dapatkan, tekan tombol Benar lagi. Tunggu beberapa saat hingga uang Anda keluar.

Bagaimana? Mudah bukan?

Demikian sedikit ulasan saya terkait salah satu fitur dari m-BCA yang bisa memberi solusi kemudahan dan keamanan bagi para nasabahnya. Sekaligus menghindari faktor-faktor manusiawi yang lainnya.