Resep kopi viral, kopi dalgona korea – Entah dari mana asalnya, tiba-tiba saja populer. Baik di Instgram, Facebook, bahkan di ruang obrolan WA. Semua ngomongin Kopi Dalgona.

Intinya sih, kopi dalgona itu berupa whipped cream berbahan dasar kopi yang dipadu dengan es susu putih plain. Setelah nyobain bikin sendiri, ternyata enak juga. Rasa susunya jadi ada sedikit gurih kopi.

Setelah melakukan trial and error, akhirnya saya berhasil membuat Kopi Dalgona yang viral itu. Berikut resep Kopi Dalgona, kopi viral asal Korea yang bisa Anda tiru dirumah.

Saya tidak berafiliasi atau dengan cara apa pun dengan beberapa merk yang saya sebutkan di bawah. Saya menulisnya hanya sebagai acuan untuk mempermudah Anda saat membeli bahan dari resep-resep yang saya tulis disini.

Resep Kopi Dalgona Korea

Resep atau bahan utama untuk kopi ini banyak dijual di super market dekat rumah Anda lengkap beserta harganya.

  • Susu UHT tanpa rasa, saya pakai merk Ultra kemasan 1 L. Harganya Rp18.500.00.
  • Kopi bubuk, saya pakai merk Nescafe renteng kemasan 2 gram. Harganya Rp5.500.00.
  • Gula pasir sesuai selera. Saya pakai sebanyak 2 – 3 sendok makan. Jika Anda tidak suka manis, bisa dikurangi.
  • Air panas secukupnya, saya pakai sebanyak 2 sendok makan.
  • Es batu. Saya beli es batu buatan sendiri, harganya Rp500.00.
  • Mixer dengan mata mixer blimbing.
  • Wadah cekung yang agak lebar (lebih lebar dari mata mixer blimbing).

Jadi total uang yang keluar dari dompet sebanyak Rp24.000.00 saja. Itu-pun bisa digunakan berkali-kali, loh.

Cara membuat Kopi Dalgona

Proses pembuatan kopi dalgona bisa dibilang cukup mudah. Meskipun mudah, tetapi membutuhkan kesabaran, kejelian dan waktu yang tidak sebentar. Saya tidak bisa memberikan acuan waktu yang tepat. Jika Anda pernah menikmati whipped cream atau pernah membuat butter cream-nya kue tart, kira-kira hasilnya kurang lebih seperti itu.

Jika Anda sudah bisa membayangkannya, berikut cara membuat Kopi Dalgona:

Kisaran waktu yang dibutuhkan: 15 minutes.

  1. Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

  2. Panaskan air.

  3. Selagi menunggu air mendidih, tuang 2 saset kopi dan 2 sendok makan gula pasir ke mangkok. Siapkan mixernya juga dengan mata mixer blimbing (cukup pakai satu mata mixer).

    Saya menggunakan takaran 1:1. Untuk mangkok, saya menggunakan mangkok berdiameter 12cm.

  4. Setelah air mendidih, masukkan sebanyak 2 sendok makan ke mangkuk yang telah berisi kopi dan gula. Segera mixer dengan kecepatan maksimum.

    Mixer campuran gula, kopi dan air panas sampai membentuk foam.

  5. Setelah gulanya mengembang dan membentuk foam, matikan mixer dengan perlahan. Bersihkan mata mixer dari whipped cream yang menempel. Kemudian masukkan semua whipped cream yang baru dibuat di plastik segitiga.

    Plastik segitiga adalah plastik yang digunakan untuk menampung butter cream-nya kue tart.

  6. Siapkan segelas susu yang telah dicampus dengan es batu.

  7. Potong ujung plastik segitiga yang sudah terisi whipped cream, kemudian bentuk whipped cream melingkar dan membentuk kerucut di atas es susu. Taburi dengan bubuk kopi sebagai pemanis. Hidangkan.

Saran penyajian Kopi Dalgona
Saran penyajian Kopi Dalgona
Kopi Dalgona yang siap dinikmati
Kopi Dalgona yang siap dinikmati
Dari kiri, mangkuk tempat mixer bahan dan Kopi Dalgona yang siap dinikmati
Dari kiri, mangkuk tempat mixer bahan dan Kopi Dalgona yang siap dinikmati
Proses pembuatan Kopi Dalgona, mixer sampai seperti ini
Proses pembuatan Kopi Dalgona, mixer sampai seperti ini

Tips dan trik saat membuat Kopi Dalgona

Tidak banyak sih yang bisa saya bagikan dibagian ini. Hanya saja, saya ingin berbagi dengan Anda agar Anda tidak merasakan efek samping saat membuat Kopi Dalgona ini. Berikut tips dan trik saya selama membuat Kopi Dalgona yang viral ini:

  • Pastikan tempat Anda membuat Kopi Dalgona nyaman. Usahakan duduk agar tidak merasakan efek samping dua kali.
  • Gunakan kopi bubuk instan yang ketika disedu tidak berampas. Biar nyaman saat menikmati whipped cream-nya. Kalau sudah nyaman, emang susah cari yang lain, sih. Ehh.
  • Gunakan mixer agar hasilnya maksimal dan agar Anda tidak merasakan efek samping tiga kali.
  • Tempat untuk mengaduk campuran kopi, gula, dan air panas usahakan lebih lebar dari mata mixer blimbing yang Anda gunakan. Dalam hal ini, saya menggunkan mangkuk kaca dengan diameter 12cm dan kedalaman 7 cm. Dengan menggunakan tempat yang lebih lebar dari mata mixer, Anda akan lebih leluasa dalam mengaduknya.
  • Putar haluan mixer satu arah agar gula tercampur rata. Sesekali miringkan mangkok agar semakin merata.
  • Gunakan kecepatan maksimum mixer agar gula bisa lebih cepat mengembang. Saat mengganti kecepatan mixer, lakukan dengan hati-hati dan berjeda, tujuannya agar mixer tidak cepat rusak.
  • Jika ingin bentuk toping yang bagus, gunkan cetakan butter cream.
  • Sabar dan jangan menyerah.
  • Jangan nikmati Kopi Dalgonanya sendiri, ya.

Kesimpulan

Kopi Dalgona merupakan salah satu makanan yang viral di waktu yang tepat. Saat semua orang harus berada dirumah aja dan hanya bisa keluar untuk membeli kebutuhan pokok. Jenus pasti. Apalagi kerja di rumah tidak senyaman kerja di kantor. Jadi boros kuota, kan.

Disaat-saat seperti ini, kita dituntut untuk tetap produktif. Salah satu cara agar tetap produktif adalah dengan mengerjakan hobi. Hobi bikin makanan, ya udah, bikin aja cemilan. Seperti saya ini. Hobi harus tetap diasah, tapi harus diluar jam kerja, ya.

Terima kasih buat teman-teman yang sudah memberikan sarannya dikolom komentar postingan Instagram maupun dari grup WA saat saya melakukan percobaan pertama yang gagal. Berkat kalian semua, percobaan kedua saya sukses dengan mulus. Thanks banget rek, kalian pancen the best!.

Demikian tutorial dari saya tentang resep dan cara membuat Kopi Dalgona yang nyatanya tidak semudah frasa kata kunci yang digunakan orang. Terutama efek samping yang ditimbulkan saat membuat Kopi Dalgona ini. Bisa bikin tangan dan kaki pegel-pegel. Hehe.

Ganbatte, mina!