Ubuntu 20.04 Akhirnya Rilis Tepat Waktu – Tanggal 24 April 2020, Canonical LTD. resmi mengumumkan perilisan sistem operasi terbarunya, Ubuntu dengan nomor versi 20.04.

Tidak seperti biasanya, waktu rilis Ubuntu 20.04 LTS kali ini benar-benar tepat waktu. Bahkan untuk zona waktu Indonesia bagian Barat sekalipun.

Ketepatan waktu perilisan Ubuntu 20.04 LTS ini terasa jika Anda membandingkannya dengan momen perilisan Ubuntu sebelumnya. Dimana, Ubuntu 19.10 LTS dijadwalkan rilis pada 17 Oktober 2019, akan tetapi berkas instalasinya baru bisa diunduh pada hari berikutnya.

Diartikel kali ini saya akan banyak mengulas mengenai catatan rilis Ubuntu 20.04 LTS. Jika Anda penasaran dengan ulasan lengkap terkait Ubuntu 20.04 LTS, nantikan tulisan saya berikutnya. Semoga saja bisa terbit tepat waktu.

Hello World, Ubuntu 20.04 LTS.

Berikut adalah catatan-catatan penting buat Anda yang ingin upgrade ke Ubuntu 20.04 LTS sekaligus pegangan untuk mengenai Ubuntu 20.04 LTS. Akhirnya, rilis Ubuntu 20.04 LTS ini benar-benar tepat waktu.

Jangka dukungan

Seperti yang sudah diketahui banyak pecinta Ubuntu, rilis dengan kode nama Focal Fossa ini akan mendapatkan dukungan jangka panjang atau Long-term Support selama lima tahun. Hal ini juga berlaku untuk rilis Ubuntu di tahun dan bulan genap berikutnya.

Dukungan selama itu hanya diberikan untuk produk utama Ubuntu, ya, seperti Ubuntu Desktop (GNOME), Ubuntu Server, Ubuntu Cloud dan Ubuntu Core. Untuk varian (flavour) Ubuntu yang lain, seperti Ubuntu MATE, Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu Studio, Kubuntu dan Ubuntu Budgie dengan nomor versi 20.04, juga mendapatkan dukungan jangka panjang, hanya saja berbeda 2 tahun saja alias cuman 3 tahun saja.

Catatan rilis dari varian resmi Ubuntu

Masing-masing varian Ubuntu memiliki catatan rilis tersendiri, hal itu dikarenakan paket maupun lingkungan desktopnya berbeda, sehingga sangat mempengaruhi catatan setiap rilisnya.

Berikut tautan catatan rilis dari masing-masing varian resmi Ubuntu:

Dapatkan Ubuntu 20.04 LTS

Sejauh ini masih ada dua cara untuk mendapatkan Ubuntu 20.04 LTS. Yaitu melalui upgrade secara langsung atau dengan mengunduh citra Ubuntu 20.04 LTS.

Unduh citra Ubuntu 20.04 LTS

Citra Ubuntu 20.04 LTS bisa diunduh melalui tautan berikut ini:

Tingkatkan dari Ubuntu versi 18.04 LTS atau Ubuntu 19.10

Bagi pengguna Ubuntu 18.04 LTS yang sudah melalukan pemutakhiran hingga ke poin rilis ke-4, Ubuntu 18.04.4 LTS, bisa segera melakukan peningkatan versi ke Ubuntu 20.04 LTS. Atau jika Anda sudah telanjur memasang Ubuntu 19.10-pun juga bisa melakukan peningkatan ke Ubuntu 20.04 LTS ini.

Pemutakhiran dari sistem desktop

  • Buka pengaturan Software & Updates di System Settings.
  • Pilih tab ke-3, bernama Updates.
  • Atur bagian Notify me of a new Ubuntu version menjadi For long-term support versions, jika Anda pengguna Ubuntu 18.04 LTS. Jika Anda pengguna Ubuntu 19.10, atur bagian tersebut menjadi For any new version.
  • Tekan Alt+F2 untuk memunculkan kotak perintah atau buka Terminal, kemudian ketikkan perintah update-manager -c -d.
  • Ikuti instruksi proses pemutakhiran oleh Update Manager.

Pemutakhiran dari sistem server

  • Pastikan paket update-manager-core sudah terpasang.
  • Pastikan baris konfigurasi Promp pengaturan manager pembaruan di /etc/update-manager/release-upgrades telah diatur ke 'normal' jika Anda ingin mendapatkan pemutakhiran non-LTS, atau 'lts' jika hanya ingin mendapatkan pemutakhiran LTS.
  • Jalankan perintah sudo do-release-upgrade -d untuk mulai memeriksa peningkatan versi.
  • Ikuti instruksi yang tampil di layar konsol Anda.

Pemutakhiran dari mesin i386 (32-bit)

Jika Anda masih menggunakan mesin dengan arsitektur 32-bit, sepertinya Anda harus kecewa. Pasalnya, Canonical sudah menghentikan pemberian pemutakhiran untuk mesin 32-bit. Dukungan untuk mesin 32-bit sebagai arsitektur host ini telah dihentikan sejak Ubuntu 19.10.

Fitur-fitur baru Ubuntu 20.04 LTS

  • Linux Kernel 5.4; kernel Linux LTS. Tumben gak pake versi terkini, 5.6 (non-LTS). Mungkin rilis kali ini rilis LTS, jadi kernelnya harus LTS. Masuk akal juga, sih.
  • Penngkatan toolchain; glibc 2.31, OpenJDK 11, rustc 1.41, GCC 9.3, Python 3.8.2, ruby 2.7.0, php 7.4, perl 5.30, dan golang 1.13.
  • Ubuntu Desktop;
    • Percikan but grafik baru (terintegrasi dengan logo sistem BIOS.
    • Penyegaran tema Yuru; penggantian tema terang/gelap.
    • GNOME 3.6; beberapa desain sistem diperbarui, seperti tampilan kunci layar, sistem menu dan folder aplikasi.
    • Firefox 75.
    • LibreOffice 6.4.
    • PulseAudio14.0 (belum resmi rilis).
    • Mesa 20.0 OpenGL.

Perubahan basis sistem lainnya sejak Ubuntu 18.04 LTS

Python3 secara bawaan

Ubuntu 20.04 LTS menggunakan sistem dasar Python versi 3.8. Python 2.7 telah dipindahkan ke bagian universe dan tidak disertakan secara bawaan dalam pemasangan baru.

Snap Store

Toko aplikasi terbaru milik Ubuntu yang diperkenalkan sejak Ubuntu 18.04 LTS, Snap Store, menggantikan ubuntu-software sebagai alat baku untuk menemukan dan memasang paket dan snap.

Permasalahan yang ditemukan

Sejauh sampai Ubuntu 20.04 LTS dirilis pada 24 April 2020, kemarin, pengembang telah menemukan beberapa permasalahan yang mungkin Anda alami saat mencoba rilis Focal Fossa ini. Tim rilis Ubuntu 20.04 LTS telah membuat catatan beserta beberapa solusinya, Anda bisa menemukannya di laman catatan rilis Ubuntu 20.04 LTS bagian permasalahn yang ditemukan.

Kesimpulan

Sebenarnya, catatan rilis resmi Ubuntu 20.04 LTS masih sangat panjang. Saya sengaja memenggal ulasannya sampai disini karena catatan ini memang saya peruntukkan untuk pengguna baru atau pengguna Ubuntu sisi desktop, seperti saya ini.

Demikian sekelumit catatan rilis Ubuntu 20.04 LTS yang bisa saya tulis dengan bahasa saya sendiri. Semoga bisa memandu Anda dalam memahami Ubuntu terbaru yang dirilis oleh Canonical.

Salam open source.