WordPress 5.4 “Adderley” Rilis, Ayo Upgrade – Kabar gembira datang dari komunitas WordPress, mereka baru saja melepas versi WordPress terkini.

Pelepasan WordPress 5.4 ke publik dilakukan pada 31 Maret 2020. Saya, salah satu dari sekian banyak penggunanya, baru mendapat notifikasi pembaruan malam ini, 1 April 2020.

Pembaruan besar yang berfokus pada tiga hal; perbaikan block editor (dulu bernama Gutenberg), perbaikan masalah privasi, dan satu poin pembaruan yang dikhususkan untuk para pengembang. Informasi catatan pembaruan bisa Anda temukan setelah Anda selesai memperbarui versi WordPress Anda ke versi WordPress 5.4.

Berikut ini ulasan singkat tentang rilis WordPress 5.4 “Adderley” untuk Anda. Ayo upgrade.

Bentuk penghormatan untuk musisi aliran Jazz

Mulai dari saya mendirikan ChotibulStudio (pada semester 6) yang sampai saat ini masih bertahan dengan layanan WordPress.com, hingga situs web blog pribadi saya ini, WordPress selalu menggunakan kode nama yang diambil dari nama-nama musisi Jazz pada setiap major release.

WordPress 5.4 "Adderley" Rilis Ayo update. Sampul WordPress 5.4 oleh WordPress.org

Sampul WordPress 5.4 “Adderley” oleh WordPress.org

Pada WordPress 5.4, para pengembang sepakat menggunakan kode nama Adderley. Nama belakang dari Nat Adderley, seorang pemain terompet Jazz asal Amerika.

Apa yang baru dari WordPress 5.4

Pada rilis besar kali ini, ada tiga hal yang patut disorot. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ketiganya adalah perbaikan block editor, perbaikan masalah privasi, dan satu poin pembaruan yang dikhususkan untuk para pengembang.

Perbaikan block editor terdiri dari penambahan penambahan dua blok baru; blok tombol dan blok sosial media. Pembaruan pada blok tombol di WordPress 5.4 tampil lebih segar dengan penambahan fitur warna tombol gradasi. Untuk tombol sosial media, saya rasa jika tema dasar kita sudah mendukung penggunaan ikon sosial media, baik di footer, sidebar, atau di navigasi, mungkin fitur ini tidak terlalu dibutuhkan.

Terkait dengan privasi, WordPress 5.4 telah menyediakan opsi untuk mengekspor dan menghapus data pribadi. Jadi, jika suatu saat terjadi permasalahan yang menyangkut dengan privasi atau penyalah gunaan tentang sesuatu di situs Anda, admin situs Anda dapat dengan mudah menanganinya. Hal itu jika situs Anda mengizinkan pembaca untuk mendaftarkan dirinya ke situs Anda, jika hanya Anda yang mengelolanya, saya rasa fitur privasi ini tidak terlalu dibutuhkan.

Informasi pembaruan yang ada di WordPress 5.4 lebih lanjut bisa Anda akses melalui laman pengumuman rilis atau bisa langsung dari dasbor WordPress Anda.

Perbarui versi WordPress Anda

WordPress 5.4 “Adderley” Rilis, Ayo Upgrade. Sejauh ini, ada dua cara upgrade WordPress yang saya ketahui. Cara langsung melalui dasbor pembaruan atau dengan cara manual. Baik cara pertama ataupun cara yang kedua, lebih baik jangan asal upgrade saja. Ada beberapa poin rekomendasi sebelum Anda meng-upgrade WordPress, diantaranya:

  • Pastikan semua tema dan plugin yang Anda pasang sudah dalam kondisi terbaru. Hal ini untuk menjaga kombatibilitas antara tema atau plugin dengan sistem WordPress yang baru.
  • Backup basis data WordPress Anda untuk menghindari kesalahan selama proses upgrade berlangsung.
  • Jangan memotong proses upgrade, misalnya saat proses upgrade berlangsung, jangan memuat ulang jendela peramban Anda. Biarkan proses upgrade tuntas terlebih dahulu.

Perbaruan dari dasbor

Untuk memperbarui WordPress dari dasbor, klik menu Pembaruan, utamakan memeperbarui tema dan plugin terlebih dahulu, setelah selesain, baru klik tombol perbarui WordPress sekarang. Tunggu beberapa saat sampai proses pembaruan selesai, setelah selesai, Anda akan dibawah ke laman tentang versi WordPress terkini.

Pembaruan secara manual

Pembaruan WordPress secara manual hanya dilakukan saat proses pembaruan dari dasbor utama WordPress mengalami kendala. Disamping memerlukan sedikit pengetahuan tentang layanan FTP, metode pembaruan dengan cara ini bisa dibilang cukup ribet. Tetapi buat Anda yang suka keribetan, mungkin cara ini bisa Anda coba.

Untuk memulainya, Anda memerlukan aplikasi klien FTP, seperti FIleZilla. Silahkan unduh dan pasang aplikasinya. Setelah proses pemasangan selesai, silahkan masukkan informasi login ke manajer berkas hosting via FTP berupa alamat FTP Server, nama pengguna, sandi, dan porta FTP.

WordPress 5.4 "Adderley" Rilis Ayo Upgrade - Tampilan FileZilla
Tampilan FileZilla

Setelah terhubung ke manajer berkas hosting, Anda memerlukan berkas aset WordPress, Anda bisa mengunduh WordPress versi terkini dari laman unduhan WordPress. Setelah terunduh, ektrak berkas arsip WordPressnya. Di sini, kita membutuhkan dua direktori; wp-admin dan wp-include. Kedua direktori tersebut merupakan direktori inti dari WordPress yang kita butuhkan untuk memperbarui WordPress.

Kita kembali ke klien FTP, FileZilla. Masuk terlebih dahulu ke direktori public_html kemudian hapus direktori wp-admin dan wp-include lama yang ada di hosting dengan cara klik kanan kemudian pilih hapus. Setelah terhapus, silahkan unggah direktori wp-admin dan wp-include baru dengan cara seret-lepas. Tunggulah beberapa saat sampai kedua direktori tersebut terunggah sepenuhnya.

Setelah proses pengunggahan selesai, buka dasbor WordPress Anda, Anda akan dibawa ke laman tentang WordPress 4.5 seperti gambar dibawah ini.

Laman tentang WordPress 5.4
Laman tentang WordPress 5.4

Jika Anda tidak diarahkan ke laman tersebut, Anda bisa memeriksanya melalui domainanda.com/wp-admin/about.php.

Demikian ulasan singkat WordPress 5.4 “Adderley” Rilis Ayo Upgrade beserta sekelumit ulasan dan panduan singkat upgrade WordPress dengan dua cara berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan.

Cheers!