Xiaomi akhirnya merilis pembaruan sistem antarmuka terbarunya, MIUI 12, untuk Xiaomi Mi 9 Global. Pembaruan tersebut digulirkan Xiaomi melaui udara atau OTA. Seneng banget, sih, akhirnya Xiaomi Mi 9 dapatkan update MIUI 12.

Sebenarnya, saya sendiri juga gak tahu kalau bakal dapat pembaruan MIUI 12. Notifikasi pembaruan MIUI 12 saya terima sekitar pukul 01:46 WIB saat sedang ronda, itupun gegara gabut dan iseng ngecek pembaruan sistem. Jadwal ronda yang semula berakhir pada pukul 02:00 WIB malah mundur sampai pukul 02:29 WIB. Sendirian pula di pos kamling.

MIUI 12 stabil yang saya terima melalui OTA mempunyai nomor versi V12.0.1.0.QFAMIXM dengan berkas pembaruan sebesar 1.1 GB. Ukuran yang wajar untuk pembaruan major sistem antarmuka.

Nah, bagaimana kesan pertama saya untuk MIUI 12 ini? Berikut ulasan lengkap Xiaomi Mi 9 dapatkan update MIUI 12.

Apa yang baru di MIUI 12

MIUI 12 menawarkan pembaruan yang lebih segar, diantaranya, visual sistem, super wallpaper, perlindungan privasi, jendela mengambang, pusat kontrol, mode gelap versi dua, animasi sistem, dan stok kamera. Intinya, pembaruan ini lebih menekankan pada pembaruan antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX).

Dari beberapa fitur yang saya sebutkan di atas, ada tiga fitur yang paling saya suka. Pusat kontrol, super wallpaper, dan pembaruan stok kamera. Mari kita bedah satu-persatu dari ketiganya. Saya mulai dari pusat kontrol.

Pusat Kontrol

Xiaomi Mi 9 Dapatkan Update MIUI 12
Pusat kontrol MIUI 12

Pusat kontrol MIUI 12 mendapatkan sentuhan baru melalui desain tampilan yang bisa dibilang lumayan mirip dengan pusat kontrol sistem operasi tetangga. Tapi ini hanya sebatas desainnya saja, ya.

Lihatlah empat bagian yang di highlight dan memiliki bentuk yang berbeda dengan kontrol yang lain. Tampaknya Xiaomi hanya meng-highlight empat bagian dari pengantrol yang paling atas. Coba saja kalau bisa dicustom atau diganti dengan pengontrol yang lain, mungkin tambah endeus.

Xiaomi juga tidak menyertakan fungsi pengelompokan by category di pusat pengaontrol ini. Kalau ada, sih, mungkin makin mantap. Hehe.

Untuk mengakses pusat kontrol, Anda cukup menggesek dari atas ke bawah dibagian layar sebelah kanan. Lakukan sebaliknya jika Anda ingin mengakses notifikasi.

Oiya, jika Anda tidak suka dengan tampilan pusat kontrol yang baru ini, Anda bisa menonaktifkannya di Pengaturan atau Setelan > Tampilan > Pusat kontrol & Layar notifikasi, matikan opsi Gunakan Pusat kontrol yang baru. Pegaturan tersebut akan menonaktifkan Pusat kontrol baru dan mengaktifkan Pusat kontrol yang lama.

Super wallpaper

Super wallpaper merupakan latar ekstra yang atraktif. Efek dari super wallpaper menyesuaikan saat Anda mengendalikan layar utama, baik saat swap kanan-kiri, buka folder aplikasi atau bahkan saat mematikan dan menghidupkan layar. Fitur ini bekerja dengan baik jika Anda mengaktifkan pengaturan always on display. Jika Anda tidak menyukai AOD, Anda bisa menonaktifkannya dan super wallpaper masih bekerja dengan baik, kecuali saat Anda menonaktifkan layar ponsel.

Untuk mengaktifkan super wallpaper, ketuk dan tahan area kosong di layar utama, ketuk opsi wallpaper > ketuk akun > Wallpaper > Super wallpaper > pilih salah satu super wallpaper yang ingin Anda gunakan.

Stok kamera

Xiaomi juga menghadirkan pembaruan pada MIUI Kamera, stok kamera bawaan hape Xiaomi. Lebih tepatnya, Xiaomi memoles ulang aplikasi kameranya dan menambahkan beberapa fitur andalan lain. Mode vlog, kloning dan fitur pengatur ulang tampilan fitur kamera utama.

Xiaomi Mi 9 Dapatkan Update MIUI 12
Tampilan MIUI Kamera

Meskipun hadir dengan polesan yang segar dan tambahan fitur, tampaknya Xiaomi masih enggan memasukkan fitur lain yang amat penting untuk menunjang fotografi. Fitur yang saya maksud adalah simpan gambar sebagai RAW.

Update Mi 9 Anda sekarang juga

Pembaruan MIUI 12 tampaknya sudah menyambangi Mi 9. Tetapi saya tidak bisa memastikan apakah pembaruan ini hanya digulirkan pada waktu tertentu atau memang sudah digulirkan penuh untuk Xiaomi Mi 9. Mengingat, Mi 9 dan Mi 9T adalah dua ponsel yang mendapatkan pembaruan lebih dulu.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, saya mendapatkan pembaruan pada pukul 01:46 WIB dini hari. Itupun saya tahunya saat mengecek pembaruan secara manual melalui pengaturan.

Nah, jika Anda pengguna Xiaomi Mi 9 atau Mi 9T, tidak ada salahnya untuk mengecek pembaruan sistem melalui Pengaturan atau Setelan > Tentang telepon > Pembaruan sistem > ketuk tombol Periksa Pembaruan.

Kesimpulan

MIUI 12 secara keseluruhan memang lebih baik dari pada MIUI 11, khususnya pada UI dan UX-nya. Meski terlihat lebih memfokuskan tampilan dan pengalaman pengguna, Xiaomi juga menyertakan beberapa pembaruan dan penambahan fitur fitur baru.

Saya sendiri belum sempat mengeksplor lebih dalam fitur-fitur andalan selain yang sudah saya sebutkan di atas. Tapi saya yakin Mi Fans bakalan suka dengan MIUI 12.

Demikian ulasan saya terikait Xiaomi Mi 9 dapatkan update MIUI 12. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa ditulisan-tulisan berikutnya.